Teknologi

Rabu, 24 Juni 2015

Bagaimana Cara Merawat Smartphone yang Benar

Dengan perkembangan zaman yang sangat pesat ini kebutruhan teknologi komunikasi sangat lah penting baik itu untuk sekedar komunikasi, hiburan, atau bahkan untuk keperluan pekerjaan. dengan pengguna Smartphone yang terus meningkat setiap tahun nya, perusahaan - perusahaan teknologi terus berlomba-lomba menciptakan smartphone terbaik mereka. karena smartphone kini berubah menjadi barang wajib digunakan setiap orang sebab ke praktisannya dapat dibawa kemana-mana dan kemudahan pengoprasiannya. karena telah menjadi barang yang wajib dimiliki setiap orang anda pasti tidak menginginkan jika smartphone anda rusak bukan ?
oleh karena itu diperlukan tips dan trik untuk merawat smartphone anda agar awet dan tidak mudah rusak.
berikut adalah tips dan caranya.
Cara Merawat Smartphone 
Tips dan Trik Perawatan Smartphone
 Dalam perawatan smartphone pada umumnya sama saja dengan merawat handphone biasa. tetapi bedanya pada smartphone ini layarnya sangat lebar jadi sangat rawan pada benturan. selain perawatan luar atau body kita jangan lupa pula pada sisi dalam atau software karena komponen ini juga sering rusak jika tidak ada perawatan berkala. merawat smartphone juga gampang-gampang susah karena harus diperlukan kejelian dan tentu saja harus rajin agar smartphone  kita menjadi lebih awet dan tahan lama. penasaran dengan tips kali ini langsung aja kita simak ulasannya di bawah ini:
  1. Dari Segi Hardware Smartphone
  •  Body atau Tubuh Smartphone
Cara merawat body smartphone pada umumnya adalah memakai pelindung lather case atau flip case, ini sangat berguna untuk melindungi bagian tubuh smartphone anda. selain itu anda juga dapat membersihkan debu-debu atau kotoran dengan menggunakan tusu atau kain halus secara rutin agar smartphone anda terlihat berkilau. tetapi kini juga telah berkembang smartphone yang memiliki standar sertifikat berupa : sertifikasi anti debu, sertifikasi anti air, bahkan sertifikasi anti banting. jika anda memiliki smartphone dengan standar sertifikasi tersebut berarti anda bisa bernafas lega karena jika melakukan kesalahan, smartphone bersertifikasi telah tercover dengan garansi resmi apabila terjadi kerusakan.
  • Layar
jika perawat di bagian layar anda cukup memasang screen protektor pada layar smartpone anda, ini akan membuat layar smartphone anda terlindung dari goresan tentunya.tapi perlu diketahui beberapa smartphone telah dipasang pelindung layar bawaan seperti Oleophobic coating,Scratch-Resistan Glas,Corning Gorilla Glass, dan Dragontrail Glass. perlu diingat bahwa setiap pelindung memiliki level kekuatan yang berbeda-beda.
  • Baterai
Pada tahap ini sangat fital sekali dikarenakan baterai adalah pemasok daya utama pada smartphone anda jika baterai anda bermasalah maka smartphone anda tidak bisa digunakan lagi. maka dari itu anda harus merawat baterai smartphone anda sebaik mungkin. dengan mengisi daya baterai smartphone anda pada saat presentase baterai anda 10-15% dan sesegera mungkin melepas charger baterai anda jika sudah dalam kondisi penuh, adalah cara paling tepat dalam merawat baterai smartphone anda. dan apabila pengguna sampai lalai atau bahkan membiarkan baterai anda di charger semalaman, baterai sudah full tetapi anda lupa melepaskannya dalam waktu lama. ini malah sangat berbahaya bagi ketahanan baterai anda, bisa-bisa baterai anda bocor dan bahkan bisa drop. tetapi jangan khawatir kebanyakan charger smartphone kini memiliki sistem pemutus daya jika sudah penuh.
  • Kamera
Pada segi kamera mungkin tidak terlalu rumit dalam hal perawatan anda cukup membersihkan nya secara teratur membuat kamera smartphone anda tetap bersih dan cerah agar ketika digunakan hasil yang diperoleh bagus dan tidak blur nantinya. membersikannya pun tidak boleh sembarangan harus menggunakan kain yang lembut atau tisu karena jika dibersihkan dengan kain yang kurang lembut bahkan kasar akan membuat kamera tergores nantinya. dan perlu di ingat bagi anda yang suka foto-foto outdoor. berhati hatilah karena lensa kamera akan cepat rusak jika terpapar sinar matahari langsung, maka dari itu hindarkan kamera smartphone anda terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Speaker
Perawatan speaker cukup simple anda hanya perlu menjauhkan smartphone anda dari medan magnet atau logam-logam kecil yang dapat menempel pada speaker smartphone anda sehingga dapat membuat speaker anda rusak nantinya. 
         
      2.  Dari Segi Software Smartphone
  • Merawat Touch Screen
Merawat Touch screen atau layar sentuh pada smartphone  juga tidak kalah pentingnya karena kebanyakan smartphone kini menggunakan layar full Touch screen, oleh karena itu jangan menekan layar smartphone terlalu kasar karena akan menurunkan respon kinerja dari smartphone tersebut. jadi tips nya sentuh lah dengan lembut layar smartphone anda berarti anda sudah merawat smartphone anda.
  • Backup dan Restore
 Melakukan backup secara berkala adalah cara terbaik untuk menyelamatkan data-data penting anda
sebab apabila smartphone anda tiba-tiba tidak bisa nyala atau bahkan rusak maka data-data anda masih aman dan akan dapat di restore/dikembalikan lagi.
  •  Pasang Anti Virus
Yang terakhir ini adalah sistem pengamanan yang sangat penting untuk smartphone, smartphone adalah platrom sistem operasi terbuka serupa dengan perangkat pintar pc, alhasil potensi virus masuk dan menyebar luas di smartphone sangat lah besar. maka dari itu untuk melindungi smartphone kita dari virus, kita harus memasang/menginstal antivirus dan kita bisa mendownload nya di google app store.

Begitulah tips dan cara merawat Smartphone dengan cara-cara yang sederhana dan mudah dilakukan di rumah. dari tips-tips sederhana ini maka smartphone yang kita miliki dapat memiliki jangka pemakaian yang lama pula. itulah tips yang dapat di sampaikan kali ini, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar